Sabtu, 09 November 2019

Soal BAB 11 (Pemberian Kompensasi)

Essay
1. Apa yang dimaksud dengan kompensasi ? Sebutkan komponen dari kompensasi !
Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan.
Komponen-komponen dalam kompensasi:
- Gaji.
- Upah
- Insentif 
- Kompensasi tidak langsung
2. Kompensasi yang diberikan kepada karyawan dapat berupa gaji, upah, insentif dan kompensasi tidak langsung. Jelaskan makna dari gaji, upah, insentif dan kompensasi tidak langsung tersebut !
- Gaji adalah balas jasa yang dibayar secara periodic kepada karyawan tetap serta mempunyai jaminan yang pasti. Maksudnya, gaji akan tetap dibayarkan walaupun pekerja tersebut tidak masuk kerja.
- Upah Insentif adalah kombinasi antara waktu yang di hemat dan aktivitas kerja. Misalnya karyawan A dan B adalah dosen. Dosen A selain mengajar, aktivitasnya yang lain adalah menulis buku, mengadakan penelitian, pengabdian masyarakat, dan kegiatan-kegiatan lain. Kerena aktivitasnya yang banyak, ia dapat mengumpulkan kum yang di tentukan dalam jangka waktu 2 tahun. Dengan demikian, ia dapat memperjuangkan akreditasinya ke golongan dan perangkatnya yang lebih tinggi.sedangkan dosen B. Dalam jangka waktu 2 tahun aktivitasnya (mennulis buku, penlitian, pengabdian masyarakat, dll) kurang sehingga ia dapat memperjuangkan akreditasi golongannya.
- Kompensasi Tidak Langsung adalah kompensasi tambahan yang diberikan berdasarkan kebijaksanaan terhadap semua karyawan dalam usaha meningkatkan kesejahteraan karyawan.
3.   Jelaskan tahap-tahap dalam menentukan kompensasi !
Tahap 1 : Mengevaluasi tiap pekerjaan, dengan menggunakanimformasi analisis pekerjaan. Untuk menjamin keadilaninternal yang didasarkan pada nilai relative setiap pekerjaan.
Tahap 2 : Melakukan usrvei dan upah dan gaji untuk menentukankeadilan eksternal yang didasarkan pada upah pembeyarandi pasar kerja
Tahap 3 : Menilai harga tiap pekerjaan untuk menentukanpembeyaran upah yang didasarkan pada keadialan internaldan eksternal.
4.  Jelaskan tujuan dari pemberian upah dan gaji ?
Tujuan kompensasi antara lain adalah sebagai ikatan kerjasama, kepuasan kerja, pengadaan efektif, motivasi, stabilitas karyawan, disiplin, serta pengaruh serikat buruh pemerintah.
5. Pemberian upah dapat digolongkan kedalam 3 jenis : upah berdasarkan system waktu, upah berdasarkan system hasil, dan upah berdasarkan system borongan. Jelaskan ketiga system upah tersebut !
- Sistem waktu, besarnya kompensasi (gaji, upah) di tetapkan berdasarkan standart waktu seperti jam, minggu, atau bulan. Sistem waktu biasa ditetapkan jika prestasi kerja sulit diukur per unitnya dan bagi karyawan tetap kompensasinya dibayar atas sistem waktu secara periodik setiap bulannya.
- Sistem hasil, besarnya kompensasi yang dibayar selalu disasarkan kepada banyaknya hasil yang di kerjakan bukan kepada lamanya waktu mengerjakannya. Kebaikan sistem hasil memberikan kesempatan kepada karyawan yang bekerja sungguh-sungguh serta berprestasi baik akan memperoleh balas jasa yang lebih besar.
- Sistem borongan, adalah suatu cara pengupahan yang penetapan besarnya jasa didasarkan atas volume pekerjaan dan lama mengerjakannya, jadi dalam sistem borongan pekerjaan bisa mendapatkan balas jasa besar atau kecil, tergantung atas kecematan kalkulasi mereka.
Pilihan Ganda
1. Berikut ini yang merupakan tujuan dari kompensasi adalah ?
A. Penawaran dan permintaan tenaga kerja
B. Kemampuan dan kesediaan perusahaan
C. Produktivitas kerja karyawan
D. Kepuasan kerja
2. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya kompensasi adalah ?
A. Ikatan kerja sama
B. Pengadaan efektif
C. Prokdutivitas kerja karyawan
D. Motivasi
3. Berikut ini asas kompensasi yang benar adalah ?
A. Adil dan layak
B. Stabil dan motivasi
C. Pengadaan dan kepuasan
D. Evaluasi dan pelaksanaan
4. Berikut ini adalah yang termaasuk dalam kompensasi langsung, kecuali...
A. Upah
B. Kesejahteraan karyawan
C. Upah Insentif
D. Gaji
5. Yang tidak termasuk dalam fungsi pemberian kompensasi adalah ?
A. Pengalokasiaan sumber daya manusia secara efisien
B. Penggunaan sumber daya manusia lebih efisien dan efektif
C. Mendapatkan karyawan berkualitas baik

D. Mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar