Sabtu, 09 November 2019

Soal BAB 7 (Perencanaan dan Pengembangan Karier)

Essay
1. Apa yang dimaksud dengan pengembangan karier ?
Pengembangan karier adalah suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan-peningkatan status seseorang dalam suatu organisasi dalam jalur karir yang telah ditetapkan dalam organisasi yang bersangkutan. Bagaimanapun juga pengembangan karir masing-masing anggota dalam suatu organisasi tentunya tidak sama (bersifat unik).
2. Apa manfaat pengembangan karier ?
Pada dasarnya pengembangan karier dapat bermanfaat bagi organisasimaupun karyawan.
Bagi organisasi pengembangan karier dapat :
·      Menjamin ketersediaan bakat yang diperlukan.
·      Meningkatkan kemampuan organisasi untuk mendapatkan dan mempertahankankaryawan-karyawan yang berkualitas.
·      Mengatur promosi dan pemindahan karyawan.
·      Mengurangi frustrasi karyawan.
·      Menjamin agar kelompok-kelompok minoritas dan wanita mempunyai kesempatanyang sama untuk meningkatkan karier.
·      Mendorong adanya keanekaragaman budaya dalam sebuah organisasi
·      Meningkatkan nama baik organisasi.
Bagi karyawan pengembangan karier identik dengan keberhasilan, karenapengembangan karier bermanfaat untuk dapat :
·      Menggunakan potensi seseorang dengan sepenuhnya.
·      Menambah tantangan dalam bekerja.
·      Meningkatkan otonomi.
·      Meningkatkan tanggung jawab.
3. Sebutkan langkah-langkah perencanaan karier !
- Menilai diri sendiri.
- Menetapkan tujuan karier.
- Menyiapkan rencana-rencana.
- Melaksanakan rencana-rencana.
4. Jelaskan alasan mengadakan perencanaan karier ?
·      Perencanaan karier merupakan fungsi kepegawaian yang relatif baru dan program-program masih jarang, kecuali dalam organisasi-organisasi yang besar atau maju. Akan tetapi keterlibatan organisasi dalam perencanaan karir makin bertambah. Banyak calon pegawai, khususnya calon-calon yang berpendidikan tinggi, menginginkan suatu karir, bukan “hanya suatu jabatan” saja.
·      Karakteristik dan kriteria pengelolaan karier dirancang berdasarkan pengembangan struktur organisasi sebab jalur karier ditentukan berdasarkan rentang struktur organisasi yang tersedia dalam organisasi.
·      Persyaratan untuk duduk pada posisi tertentu sangat ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki karyawan yang akan menduduki jabatan tersebut. Kompetensi seseorang sangat menentukan kesuksesannya dalam mencapai karier sampai ke posisi puncak dalam organisasi.
5. Sebutkan manfaat perencanaan karier !
- Mengembangkan para karyawan yang dapat dipromosikan.
- Menurunkan perputaran karyawan
- Mengungkap potensi karyawan.
- Mendorong pertumbuhan.
- Memuaskan kebutuhan karyawan.
- Membantu pelaksanaan rencana kegiatan yang telah disetujui.
Pilihan Ganda
1. “Serangkaian posisi atau pekerjaan yang dijalani seseorang selama hidupnya” merupakan pengertian dari ?
A. Karier
B. Tahapan hidup
C. Jangkar karier
D. Perencanaan karier
2. Ada berapakah proses perencanaan karier ?
A. 3
B. 4
C. 2
D. 1
3. Dibawah ini yang termasuk metode perencanaan karir adalah ?
A. Pendidikan karier
B. Penyediaan Informasi
C. Bimbingan karier
D. A,B dan C benar
4. Manakah yang bukan merupakan dari jalur karier ?
A. Jalur karier tradisional
B. Jalur karier modern
C. Jalur karier jaringan
D. Jalur karier dual
5. Jalur karir ini mengakui bahwa spesialis teknik dapat dan akan memberikan kontribusi dan keahlian mereka pada perusahaan tanpa berharap menjadi manajer. Merupakan pengertian dari jalur karier ?
A. Jalur karier tradisonal
B. Jalur karier modern
C. Jalur karier jaringan

D. Jalur karier dual

2 komentar: