Essay
1. Apa yang mendasari pentingnya penilaian
prestasi kerja ?
Ada
beberapa yang mendasari pentingnya prestasi kerja yaitu setiap orang ingin
memiliki peluang untuk mengembangkan kemampuan kerjanya sampai tingkat
maksimal, orang juga ingin mendapat penghargaan apabila ia dinilai melaksanakan
tugas dengan baik, dan orang ingin mendapat perlakuan yang objektif dan
penilaian dasar prestasi kerjanya, berdasarkan itu dapat disimpulan bahwa
penilaian prestasi kerj penting dalam suatu organisasi dalam rangka
mengembangkan sumber daya manusia.
2. Apa manfaat penilaian dan prestasi kinerja ?
Ada
beberapa manfaat penilaian dan pretasi kinerja yaitu :
·
Perbaikan kinerja.
·
Penyesuaian kompensasi.
·
Keputusan penempatan.
·
Kebutuhan pelatihan dan pengembangan.
·
Perencanaan dan pengembangan karir.
·
Penyimpangan-penyimpangan proses staffing.
·
Ketidak-akuratan informasional.
·
Kesalahan rancangan pekerjaan.
·
Kesempatan kerja yang sama.
·
Tantangan-tantangan eksternal.
3. Apa yang terjadi jika manajer tidak memberikan
kompensasi yang seimbang dengan prestasi kerja ?
Jika manager tidak memberikan kompensasi yang seimbang
dengan prestasi kerja maka karyawan akan merasa bahwa kinerjanya yang baik
tidak diberi hak yang sesuai mengakibatkan karyawan akan merasa bahwa hasil
yang diperolehnya sia-sia, karyawan merasa kecewa sehingga dia akan menurukan
kualitas kinerjanya yang dapat berakibat turunnya produktivitas maupun
kemampuan kinerjanya ini juga mengakibatkan tujuan dari perusahaan tidak akan
tercapai secara maksimal.
4. Jelaskan mengapa keakuratan penilaian prestasi
kerja sangat penting bagi perusahaan !
Penilaian
prestasi kerja dalam perusahaan sangtlah penting karena merupakan salah satu
faktor tumbuh dan berkembangnya suatu organisasi/perusahaan. Hasil penilaian
dapat menunjukan apakah Sumber Daya Manusia/karyawan sudah memenuhi target
perusahaan secara kualitas, efektif, efisien maupun bagaimana memaksimalkan
waktu kerja. Ketidakakuratan hasil penilaian prestasi kerja akan menggagu
perencanaan sumber daya manusia, apakah butuh pengembangan karir, penambahan
pekerja maupun lainnya. Hasil penilaian juga sebagai pertimbangan
perusahaan/organisasi memberi peningkat upah yang sesuai. Jika tidak akurat
maka ini akan berpengaruh pada rencana maupun tujuan perusahaan.
5. Prestasi kerja dapat
memperbaiki kinerja karyawan, maksud dari pernyataan itu adalah ?
Prestasi
kerja berperan penting untuk memperbaiki kinerja dari karyawan/pegawai karena
dengan penilaian dan prestasi kerja manajer akan mengetahui kemampuan dari
seorang karyawan, sehingga manajer dapat melakukan tindakan yang mungkin dapat
memperbaiki kinerja karyawan tersebut seperti mengembangkan/ melakukan
pelatihan karyawan.
Pilihan Ganda
1.
Suatu tampilan keadaan secara utuh atas perusahaan selama periode waktu
tertentu, merupakanhasil atau prestasi yang dipengaruhi
oleh kegiatan operasional perusahaan dalam memanfaatkansumber-sumber
daya yang dimiliki, disebut ?
A. Penilaian kenerja
B. Kinerja
C. Profile perusahaan
D. Evaluasi perusahaan
2.
Yang bukan merupakan tujuan evaluasi kinerja bagi perusahaan adalah ?
A. Menjamin pencapaian tujuan
perusahaan
B. Mengetahui penyimpangan yang terjadi
di perusahaan
C. Untuk kenaikan harga saham
perusahaan
D. Mengetahui tingkat pencapaian sasaran
perusahaan setiap periode
3. Kegunaan penilaian kinerja ditinjau
dari berbagai perspektif pengembangan manajemen SDM sebagai berikut, kecuali...
A. Persetujuan pengajuan
pinjaman bagi karyawan yang berkinerja baik
B. Penyesuaian kompensasi
C. Perbaikan kenerja
D. Perencanaan dan pengembangan karier
4. Dibawah ini yang emrupakan sifat penilaian
kinerja yang dilakukan hanya oleh atasan, yaitu...
A. Kegunaan penilaian kinerja ditinjau
dari berbagai perspektif pengembangan perusahaan, khususnya manajemen SDM
B. Memperlemah integritas manajer yang
bertanggung jawab
C. Dapat mengarah ke distorsi
D. Objektivitasnya lebih akurat
5. Faktor-faktor apa saja yang dinilai
dalam penilaian prestasi kerja ?
A. Perilaku karyawan, status social, warga
negara
B. Agama, hasil kerja, individual yang
bersangkutan
C. Prestasi karyawan, perilaku
karyawan, hasil kerja, inisiatif kerja
D. Sosialisasi antar
karyawan & kesalahan-kesalahan yang dilakukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar